Perubahan Tren Gaya Hidup di 2021, Serba Alami dan Inspiratif

Hampir semua orang di dunia berharap terjadi banyak perubahan baik ditahun 2021. Seperti yang diketahui, sepanjang tahun 2020 beberapa sektor turut terdampak akibat Covid-19. Secara tidak langsung hal tersebut membuat tren gaya hidup masyarakat juga ikut mengalami perubahan.

1. Menerapkan Pola Hidup Sehat Agar Tubuh Tidak Mudah Terserang Penyakit

Menerapkan pola hidup sehat menjadi salah satu tren gaya hidup yang paling terlihat di berbagai lapisan masyarakat. Pasalnya, kebiasaan tersebut dapat menjaga stamina tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Menurut beberapa ahli, pandemi Covid-19 menyebabkan masyarakat mengalami perubahan mindset terkait makanan dan minuman yang dikonsumsi. Tidak hanya memerhatikan nutrisi pada bayi, rentang usia dewasa mulai menerapkan pola makan sehat.

Selain mengubah kebiasaan makan dan minum, pola hidup sehat diimbangi dengan olahraga, seperti joging, bersepeda, fitnes, dan yoga. Jenis latihan kebugaran tersebut semakin banyak diminati selama satu tahun terakhir.

Pola hidup sehat juga merubah kebiasaan masyarakat menjadi lebih baik. Mulai dari mencuci tangan dengan sabun hingga sadar kebersihan lingkungan.

2. Kreativitas Lebih Banyak Digunakan dalam Bisnis

Pandemi Covid-19 berdampak paling parah pada dunia kerja. Jumlah kasus Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) meningkat drastis selam tahun 2020. Oleh karena itu, pekerja yang menganggur karena dirumahkan dituntut untuk berpikir kreatif.

Tahun 2021 diprediksi akan banyak perusahaan yang menawarkan produk atau jasa dengan ide kreatif, hal ini tentu diimbangi dengan mempekerjakan karyawan produktif. Mengandalkan teknologi yang ada, perusahaan berusaha branding diri agar dikenal secara luas melalui sosial media.

Keterbatasan ruang gerak selama pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) memunculkan ide kreatif dan inovatif dari para pembisnis. Di dunia fashion saat ini banyak dikeluarkan masker dengan motif unik, tapi pengguna tetap aman dari penularan virus.

Selain itu, ide kreatif juga muncul dalam bisnis kuliner. Sekarang banyak ditemukan makanan dan minuman yang dijual secara online, produsen memberikan layanan siap antar dengan kualitas barang terjamin aman.

3. Semakin Banyak Platform yang Diluncurkan untuk Mendukung Dunia Hiburan

Platform digital menjadi alternatif paling efektif selama pandemi Covid-19. Mulai dari musisi hingga rumah produksi dapat memamerkan hasil karya secara online. Pasalnya, wabah yang menyerang seluruh dunia ini memberikan dampak besar bagi pekerja di bidang kreatif, terutama para seniman.

Selama pandemi Covid-19, hampir tidak ada konser musik yang digelar di Indonesia. Hal ini merupakan salah satu dari kebijakan untuk meminimalisir penularan virus. Bukan hanya itu, bioskop di beberapa daerah terpaksa harus ditutup sampai batas waktu yang tidak dapat ditentukan.

Padahal, kondisi seperti ini masyarakat membutuhkan hiburan untuk menyegarkan pikiran dari penat akibat aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, platform digital yang sudah ada saat ini banyak digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

Di sisi lain, dengan adanya platform digital seniman dapat terus produktif meski berada di tengah pandemi.

Kondisi yang terjadi di tahun 2020 membawa perubahan besar terhadap masyarakat, terutama tren gaya hidup. Sisi positifnya, sebagian besar orang mulai menerapkan kebiasaan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *