Jarang Diketahui, Ini Manfaat serta Risiko Menggunakan Kawat Gigi

Jika diamati, saat ini sudah banyak orang memilih menggunakan kawat gigi atau behel. Salah satu tujuannya adalah mendapatkan gigi yang lebih rapi sehingga menjadi percaya diri ketika beraktivitas sehari-hari. Pemasangan kawat gigi ini biasanya dilakukan di berbagai dentist Jogja maupun daerah lain.

Namun, satu hal yang juga perlu diketahui adalah selalu ada plus minus dalam setiap hal, salah satunya adalah pemasangan behel. Selain manfaat, tentu saja juga ada risiko. Pada kali ini akan dijelaskan mengenai kedua hal tersebut sehingga Anda bisa memikirkan matang-matang sebelum memutuskan memasang behel.

Manfaat Menggunakan Behel

1. Membuat lebih rapi

Seperti sudah disebutkan di bagian awal, salah satu tujuan seseorang menggunakan behel adalah ingin mendapatkan gigi lebih rapi. Dengan memasang selama beberapa kurun waktu tertentu, susunan yang tidak rata akan menjadi lebih rapi. Inilah alasan banyak orang menggunakannya, terutama jika ia sering tampil di depan khalayak umum.

2. Membuat lebih sehat

Selanjutnya, pemasangan behel juga bermanfaat agar membuat gigi menjadi lebih sehat. Dengan gigi yang rapi dan beraturan, maka berbagai masalah kesehatan gigi bisa dihindari seperti gusi bengkak atau masalah lainnya. Tentu saja hal ini juga harus diimbangi melakukan perawatan pada umumnya seperti menggosok gigi rutin serta tidak mengonsumsi makanan sembarangan.

3. Mengatasi permasalahan ketika makan

Beberapa orang memiliki masalah ketika sedang mengunyah makanan. Hal ini dikarenakan gigi yang tidak rata. Memasang behel bisa mengatas permasalahan tersebut. Dengan begitu, makan akan menjadi lebih nyaman sehingga kenikmatan bisa dirasakan secara maksimal.

4. Salah satu tren fashion

Tidak sedikit anak muda yang memilih menggunakan behel. Bahkan, saat ini sudah banyak behel dengan berbagai macam desain. Hal ini karena behel seperti sudah menjadi sebuah tren penampilan terbaru. Ada anggapan bahwa menggunakan behel akan terlihat lebih trendy. Jadi, memang tidak salah jika menggunakan kawat ini.

Risiko Menggunakan Behel

Selain manfaat, ada juga risiko yang perlu dihadapi. Lalu, apa saja risiko tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

1. Timbul rasa tidak nyaman

Bagi orang yang belum terbiasa menggunakan kawat mungkin akan merasa sedikit kurang nyaman, baik ketika berbicara, makan, atau menggosok gigi. Makanan bisa menyangkut di bagian kawat jika tidak berhati-hati. Selain itu, air liur juga mungkin lebih susah dikendalikan. Namun, biasanya semakin lama seseorang menggunakannya akan semakin terbiasa.

2. Mengalami luka

Jika Anda seseorang yang sering beraktivitas keras seperti olahraga dan berpotensi mengalami benturan, sangat tidak disarankan menggunakan behel. Hal tersebut karena ketika terjadi benturan di bagian mulut, kawat bisa menggores bagian pipi maupun bibir sehingga menimbulkan iritasi. Jika hal ini terus-menerus dibiarkan, dampaknya akan menjadi lebih buruk.

3. Menguning

Pada beberapa kasus, seseorang yang memakai behel ada kemungkinan mengalami gigi menguning. Biasanya ini terjadi ketika behel dilepaskan. Lem sisa pemasangan akan menempel di gigi lalu menimbulkan warna kekuning-kuningan. Bagi beberapa orang tentu saja ini akan mempengaruhi penampilan, bahkan dapat mengurangi rasa percaya diri.

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai beberapa manfaat serta risiko menggunakan kawat gigi. Agar bisa mengurangi risiko di atas, Anda bisa memilih Dentist Jogja yang sudah terbukti kualitasnya seperti Opal Dental. Eksekusi tepat akan membuat kawat gigi terasa nyaman saat digunakan sehari-hari, sedangkan risiko di atas bisa dikurangi bahkan tidak akan ditemui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *