Simak 5 Manfaat Out of Home Advertising yang Wajib Diketahui

Seiring berkembangnya jaman, bidang advertising atau pemasaran pun turut mengalami kemajuan pesat. Jika dahulu kegiatan memasarkan produk dilakukan melalui brosur hingga memajang iklan di media cetak, kini pebisnis atau perusahaan dapat melakukan out of home advertising (OOH) atau beriklan di luar ruang.

Meskipun periklanan online cukup banyak diminati di era digital ini, namun faktanya teknik advertising satu ini dinilai lebih ampuh untuk menarik calon pelanggan. Lantas apa pengertian out of home advertising? Apa manfaatnya bagi bisnis? Berikut penjelasannya.

Pengertian

Adalah media iklan luar ruangan yang menargetkan masyarakat di luar rumah. Umumnya media periklanan ini kerap ditemukan di lokasi ramai orang contohnya bioskop, stadion, pinggiran jalan raya, halte, area transit, bandara, dan lain-lain. Meskipun terlihat ketinggalan jaman, namun faktanya tak sedikit pebisnis hingga perusahaan berani mengeluarkan dana untuk beriklan menggunakan teknik ini.

Contoh dari OOH advertising pun beragam mulai dari billboard, point-of-sale (POS) display yang umumnya diletakkan di area kasir, baliho, neon box, videotron, iklan di sarana publik, hingga iklan di kendaraan umum.

Manfaat

Terdapat beberapa manfaat yang bisa dirasakan ketika memilih untuk menggunakan metode periklanan di luar ruang ini, diantaranya :

Jangkauan pasar luas

Perusahaan bisa menjangkau pasar seluas-luasnya ketika menggunakan teknik periklanan outdoor ini. Meskipun juga dapat dilakukan menggunakan media digital, namun tak dapat dipungkiri iklan di media digital kerap dilewatkan oleh calon konsumen. Berbeda dengan iklan di luar rumah yang cenderung lebih menarik untuk dilihat, sehingga masyarakat pun akan tertarik untuk membacanya.

Meningkatkan brand awareness

Tujuan utama dari setiap teknik pemasaran adalah untuk meningkatkan brand awareness, tak terkecuali OOH advertising. Terlebih apabila peletakan media promosi tersebut berada di lokasi strategis seperti tempat publik yang ramai orang lalu lalang, maka potensi orang-orang untuk membaca iklan tersebut menjadi lebih tinggi.

Penyampaian pesan lebih efektif

Selain itu metode satu ini juga ampuh untuk menyampaikan pesan secara lebih efektif. Pasalnya kata-kata persuasif yang menarik konsumen dikemas dalam kalimat dan tampilan iklan apik. Bahkan hanya dengan satu kalimat pun sudah bisa menyita perhatian publik.

Lebih dipercaya

Jenis iklan ini rupanya lebih dipercaya oleh konsumen, dibuktikan dengan penelitian oleh Marketing Sherpa di tahun 2017. Iklan OOH memiliki tingkat kepercayaan cukup tinggi di masyarakat, karena menandakan jika pihak pengiklan tak main-main dan serius dalam memperkenalkan brand-nya.

Hemat waktu

Karena tampilannya menarik dan ditempatkan di lokasi strategis, maka orang yang berlalu lalang silih berganti pasti akan memperhatikan iklan tersebut. Hal ini pun membuat metode periklanan luar ruangan terbilang lebih efektif menghemat waktu.

Itulah ulasan terkait out of home advertising. Bagi Anda yang tertarik menggunakan metode pemasaran satu ini, hubungi StickEarn stickearn.com sekarang juga. StickEarn menghadirkan banyak produk periklanan mulai dari iklan di mobil, motor, bis, kereta, pesawat, angkot, truk, vending machine, hingga billboard sesuai kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.