Tips Memilih Travel Umroh Supaya Tidak Tertipu

Ibadah Haji dan Umroh merupakan rukun Islam yang kelima dan semua umat muslim ingin menjalankannya. Namun karena biayanya yang mahal, ibadah tersebut diwajibkan saja bagi yang mampu.

Untuk melaksanakan ibadah tersebut tentu harus memilih travel agent yang benar-benar kompeten. Di bawah ini ada tips memilih travel umroh supaya nanti anda tidak tertipu.

1. Cek travel agent ke Kementrian Agama

Karena baru-baru ini marak sekali penipuan haji umroh, maka supaya aman memilih travel agent anda bisa cek status perizinannya terlebih dahulu.

Anda bisa cek ke website Kementrian Agama apakah travel agent yang anda pilih tersebut terdaftar dan merupakan travel resmi yang diakui pemerintah atau tidak. Jika tidak ada, sebaiknya jangan dipilih supaya nanti bisa menghindarkan adanya penipuan.

2. Biaya yang ditawarkan wajar dan sesuai pelayanan

Banyak travel agent menangani haji umroh yang menawarkan harga miring. Tak heran jika banyak jamaah yang tergiur dengan penawaran tersebut. Namun anda jangan langsung tertarik begitu saja tanpa mengkrosceknya terlebih dahulu.

Anda bisa mengira sendiri biaya yang ditawarkan itu masih merupakan harga wajar atau tidak. Kemudian dengan biaya tersebut apakah pelayanannya sesuai atau tidak. Yang jelas, jangan tergiur dengan harga yang murah.

3. Pastikan status visa

Yang paling penting dalam memilih travel umroh itu anda harus memastikan status visa. Biasanya travel agent juga akan mengurusi visa para jamaah, jika status visanya tidak jelas dan belum keluar, maka sudah dipastikan jika travel tersebut bermasalah.

Entah itu bermasalah dengan pemerintah Arab Saudi maupun pemerintah Indonesia terkait masalah perizinan dan lain-lain.

4. Pastikan travel agent memiliki jadwal haji/umroh yang pasti

Sering kali ada pemberitaan tentang travel agent yang menelantarkan jamaahnya karena jadwal berangkat yang tidak pasti. Sebelum anda memilih travel tersebut, pastikan terlebih dahulu jika mereka memiliki jadwal pemberangkatan yang pasti. Hal ini supaya tidak terjadi penelantaran jamaah karena jadwal yang semrawut.

5. Cek nama hotel dan lokasinya

Hal lain yang bisa anda lakukan adalah mengecek nama hotel dan lokasinya. Anda bisa kroscek nama hotel yang ditawarkan oleh travel agent tersebut kemudian cek juga dimana lokasinya. Mungkin anda juga bisa konfirmasi pihak hotel yang disebutkan oleh biro perjalanan umroh tersebut untuk memastikan datanya benar-benar valid.

Selain kelima tips di atas, ada juga tips lainnya supaya nanti anda tidak tertipu oleh biro perjalanan umroh dan haji. Tips lainnya seperti memilih pembimbing ibadah haji/umroh yang benar-benar berpengalaman dan tidak mengalami pembatalan keberangkatan meskipun kuota penuh.

Dengan mengikuti beberapa tips yang disebutkan di atas, anda dijamin akan mendapatkan travel umroh yang benar-benar amanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *