Tips Rumah Aman Terjaga dan Anti Maling

Memiliki rumah yang aman dan nyaman tentu harapan semua keluarga. Salah satu cara mewujudkan kediaman yang aman tentunya rumah harus memiliki sistem anti maling agar barang berharga dan keselamatan diri beserta keluarga dapat terjamin. Banyak cara yang bisa dilakukan agar rumah yang kita tinggali jauh dari risiko kemalingan. Beberapa diantaranya adalah dengan memasang alarm keamanan rumah yang disertai dengan teknologi canggih dan modern sehingga bisa memberikan sinyal secara langsung saat rumah dimasuki oleh oknum maling.

Tidak melulu harus modern, nyatanya terdapat cara lain untuk melindungi rumah Anda dengan cara-cara yang lebih konvensional namun tetap terbukti efektif melindungi rumah. Berikut tips cara sederhana agar rumah tetap terjaga dan terhindar dari maling, yuk disimak!

Memasang kunci ganda

Cara ini terbilang cukup sederhana dan menjadi cara yang paling mudah. Pemilik rumah cukup memasang kunci slot ganda dengan menggunakan baut, jika memungkinkan, Anda bisa menambahkan gembok pada tiap slotnya. Kunci ganda ini tentu hanya bisa diakses dari dalam rumah dan bisa ditempatkan tidak hanya di pintu namun juga di daun jendela.

Memasang teralis besi

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan memasang teralis besi di sisi dalam daun jendela maupun daun pintu. Langkah ini, sudah lama diterapkan khususnya di rumah-rumah tua dan rumah bertingkat untuk menambahkan rasa aman ditiap rumah. Selain anti maling, memasang teralis besi di jendela khususnya juga dapat menambah perlindungan bagi keluarga yang memiliki anak kecil, tujuannya tentu agar anak tidak mudah menjangkau sisi luar jendela yang berakibat diri anak terjatuh dari tempat tinggi.

Memastikan dokumen & barang tersimpan dengan aman

Selain langkah di atas, memastikan dokumen penting dan barang berharga lainnya tersimpan di tempat yang aman juga bisa menghindarkan rumah dari target para perampok. Tempatkan dokumen penting dan barang berharga lainnya di tempat yang tidak mencolok serta pastikan hanya Anda dan keluarga inti yang mengetahui keberadaanya.

Maksimalkan penerangan rumah

Tips berikutnya agar rumah terhindar dari incaran maling adalah dengan memaksimalkan penerangan rumah anda sebaik mungkin. Terutama pasanglah lampu penerangan di eksterior rumah di sisi depan, kanan, kiri dan belakang rumah, serta jendela rumah. Anda bisa menggunakan lampu yang hemat energi serta pintar, di mana lampu hanya akan menyala saat mendeteksi pergerakan orang. Rumah yang memiliki penerangan yang baik tentu akan membuat maling enggan mendekati karena takut pergerakannya akan terlihat oleh orang lain.

Itu dia beberapa tips dalam menjaga keamanan rumah dan menghindari risiko kemalingan. Cara apapun, baik dengan teknologi canggih maupun dengan cara-cara yang konvensional selama dilakukan dengan benar tentu akan memberikan dampak baik bagi keamanan rumah. Gunakan jasa keamanan jika dirasa perlu untuk menambahkan rasa aman bagi Anda dan keluarga di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.