Bunda, Hati – Hati dengan Akibat Anak Susah Makan Sayur

Sepertinya sayur merupakan musuh terbesar anak-anak. Hal ini karena banyak anak yang tidak suka makan sayur. Ini bisa dilihat saat anak sedang makan, pasti si anak akan menyisihkan sayur ke pinggir. Benar tidak, Bun? Namun tahukah Bunda, anak susah makan sayur akan membahayakan diri anak sendiri lho.

Dalam hal ini akan banyak akibat yang akan ditimbulkan jika anak susah makan sayur. Di mana akibat tersebut pasti akan berdampak pada kesehatan anak. Nah, berikut ini beberapa akibat anak susah makan sayur.

4 Akibat Anak Susah Makan Sayur

1. Anak akan Mengalami Gangguan Pencernaan

Akibat yang pertama dan Bunda mungkin sudah bisa menebaknya adalah pencernaan anak akan terganggu. Ini karena kurangnya serat yang dikonsumsi oleh anak. Seperti yang Bunda tahu, sayur merupakan salah satu sumber utama serat. Di mana kandungan serat dalam sayur mempermudah proses pencernaan, khususnya pada anak.

Lalu, gangguan pencernaan seperti apa yang bisa dialami oleh anak? Di sini, anak akan mengalami susah buang air besar, yang menyebabkan perut anak kembung, dan mungkin bisa membuat anak rewel. Kemudian, anak juga akan mengalami sembelit, dan yang lebih parah, anak bisa terkena radang usus.

2. Anak akan Mengalami Kelebihan Berat Badan

Jika anak tidak suka dan susah makan sayur, anak akan mempunyai berat badan yang berlebih. Ini karena anak akan meminta kepada Bunda untuk mengganti sayur dengan lauk, seperti daging, dan ayam, sebagai pelengkap nasi.

Namun, tahukah bunda, jika si anak terus menerus mengonsumsi lauk, maka dalam tubuh anak akan lebih banyak menimbun lemak jahat dibandingkan dengan lemak baik, dan nutrisi. Penimbunan lemak jahat bisa membuat anak mempunyai berat badan yang tinggi. Dan ini tidak bagus untuk anak, karena bisa menimbulkan obesitas.

3. Anak akan Kekurangan Gizi

Selain mengandung serat, sayur juga kaya akan gizi. Di mana ada banyak nutrisi yang terkandung di dalam sayur, seperti vitamin, kalsium, magnesium, dan zat besi. Dan jika anak tidak mengonsumsi sayur, maka anak akan kekurangan nutrisi tersebut.

Kekurangan nutrisi bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan si anak. Di mana nutrisi yang ada pada sayur terkenal membantu proses pertumbuhan dan perkembangan anak.

4. Anak Berisiko Terkena Berbagai Penyakit

Akibat yang paling berbahaya jika anak susah makan sayur adalah anak akan mudah terserang penyakit. Hal ini karena anak tidak mempunyai kekebalan tubuh yang kuat, sehingga penyakit sangat mudah menyerang tubuh.

Lemahnya kekebalan tubuh bisa terjadi karena kurangnya antioksidan dalam tubuh yang bersumber dari sayur. Di mana antioksidan bagus untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, antioksdan sangat berguna untuk memperbaiki sel dan jaringan yang rusak yang ada di dalam tubuh.

Mengerikan bukan akibat dari anak susah makan sayur, Bunda. Untuk itu, ayo Bunda ajak anak untuk makan sayur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *