Ciri-ciri Gaya Hidup Konsumtif yang Patut Dicurigai

Dengan adanya pandemi ini kita banyak menghabiskan waktu dirumah, baik untuk belajar, bekerja, bahkan hanya sekedar berbelanja dari gadget.

Hal ini menjadikan masyarakat secara tidak langsung menjadi masyarakat yang hedonis dengan menjadi lebih konsumtif.

Apa saja indikasi yang membuat masyarakat saat ini memiliki gaya hidup konsumtif? Simak dibawah ini.

1. Diskon

Banyaknya store yang menawarkan promo atau diskon menjadi salah satu godaan bagi masyarakat. Barang sekunder yang mungkin memiliki harga relatif mahal, ketika ditawarkan diskon menjadi lebih murah.\

Hal ini menjadikan masyarakat berbondong untuk membeli barang tersebut, dengan anggapan “kapan lagi dapat dengan harga murah ini” padahal barang tersebut belum terlalu diperlukan saat ini.

Tidak hanya potongan harga, namun terkadang buy 1 get 1 free merupakan hal menarik untuk dibeli. Diskon atau promo yang sejenis ini adalah cara pengusaha untuk menggaet pembeli sehingga tertarik untuk memiliki barang tersebut secara langsung. Sementara masyarakat sebaiknya harus dapat memilih yang mana yang primer dan sekunder bagi personal.

2. Trend

Meningkatnya aktivitas di social media membuat banyak orang dapat dengan mudah mengikuti trend viral baik produk atau yang lainnya. Membeli produk viral yang sedang ngetrend juga merupakan indikasi dari hedonisme.

Tidak ingin ketinggalan trend yang sedang hype saat ini dengan memiliki produk tersebut, namun sebenarnya tidak terlalu penting dalam kehidupan pribadi.

Membeli produk hanya untuk selalu menjadi trendi biasanya digandrungi anak muda khususnya remaja. Hal ini lumrah karena para remaja yang memang sedang mencari indentitas dan juga warna asli diri sendiri ingin mencoba banyak hal yang dilihatnya.

Tentunya akan berbanding lurus dengan kebiasaan membeli barang yang sedang trend, apalagi saat ini banyak platform online yang memudahkannya.

3. Tujuan Hidup

Hedonism sendiri yaitu pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama dalam hidup. Tidak salah memang ketika masyarakat yang sudah terbiasa dengan hidup berkecukupan menjadikan hal tersebut sebagai tujuan utama, terutama bagi kaum milenial saat ini.

Hal ini tentunya sangat di permudah dengan banyaknya social media yang menjadi ajang untuk menampilkan hal ini.

4. Packaging Menarik

Tidak sedikit masyarakat tergoda membeli barang hanya karena hal ini, yaitu kemasan atau packaging yang menarik. Memang banyak usaha yang menjadikan packaging salah satu hal utama untuk memasarkan produk yang mereka jual.

Bagi sebagian masyarakat yang menyukainya tentu tidak masalah membeli produk tersebut, namun terkadang hal ini menjadi sia-sia apabila ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *