Tips Membuka Studio Foto Pemula Dan Kecil Kecilan

Studio foto merupakan sebuah bisnis yang tidak tergerus zaman. Meskipun kini spesifikasi kamera yang disematkan ke dalam ponsel kian mutakhir dan banyak pemilik pribadi kamera-kamera canggih seperti DSLR maupun Mirrorless, namun beberapa hal tetap tidak terakomodasi secara pribadi dan memerlukan jasa studio foto untuk melaksanakannya.

Salah satunya adalah dokumentasi momen berharga, seperti : wisuda dan pernikahan. Instansi-instansi pun kerap menggunakan jasa studio foto untuk mengabadikan acara-acara yang digelar. Sehingga, bisnis tersebut merupakan peluang yang menjanjikan. Jika Anda berniat menggelutinya, maka yang perlu Anda persiapkan lebih dulu adalah properti studio foto yang hendak Anda buka.

Membuka Studio Foto Dengan Dana Kecil

Ketika memikirkan bisnis ini pertama kali dan menghitung modal yang dibutuhkan secara kasar, Anda pasti berpikir bahwa peralatan studio fotografi akan menghabiskan biaya yang sangat besar. Prasangka semacam itu wajar, mengingat harga kamera profesional saja sudah mencapai puluhan juta rupiah. Namun, sebenarnya Anda bisa memulai usaha ini dengan modal minim.

Membuka studio foto kecil-kecilan merupakan pilihan paling tepat. Sebab, perlengkapan studio foto mini cukup terjangkau. Cocok bagi para pemula yang baru terjun ke dalam bidang ini. Bahkan dengan perkiraan modalnya bisa kurang dari dua puluh juta rupiah. Meskipun memang tidak mungkin mendapatkan barang-barang baru dengan modal relatif kecil seperti itu.

Meskipun bekas, namun bukan berarti Anda tidak akan bisa mendapatkan semua properti itu dalam kondisi bagus. Banyak sekali orang yang menjual beragam keperluan pendukung fotografi milik mereka mulai dari kamera hingga komputer grafis dengan harga miring walaupun barang-barang tersebut masih dalam kondisi yang sangat bagus.

Umumnya, mereka menjual alat studio foto tersebut dikarenakan usianya yang sudah tua dan mereka membutuhkan peralatan fotografi yang lebih modern. Fotografer profesional acap kali melakukan hal semacam ini demi mengikuti tren dunia serta keinginan konsumen. Dan, mereka bukanlah golongan yang akan memperlakukan kamera maupun perangkat fotografi lain secara sembarangan.

Tips Memulai Usaha Studio Foto

Dengan menyadari bahwa harga perlengkapan studio foto tidak dapat dikategorikan murah, Anda harus memikirkan cara supaya usaha yang Anda rintis dapat berhasil. Selain dengan memiliki banyak klien, Anda juga harus memastikan usia bisnis tersebut dapat bertahan dalam waktu lama.

Promosi

Bisnis apa pun memerlukan promosi yang maksimal agar dapat menjangkau konsumen sebanyak-banyaknya. Anda bisa mempromosikan studio foto Anda dengan menyebar brosur kepada orang-orang yang melintas di jalanan, maupun dari pintu ke pintu rumah.

Diskon

Salah satu cara menarik konsumen yang paling ampuh adalah dengan memberikan potongan harga selama periode tertentu.

Pelayanan maksimal

Pastikan untuk memberikan servis terbaik kepada pelanggan demi kepuasan mereka. Dengan demikian, mereka tidak akan ragu merekomendasikan studio milik Anda kepada orang lain yang tentunya menjadi promosi gratis dengan cakupan pasar yang semakin luas.

Konsisten

Apabila pada periode awal studio foto Anda sepi, jangan lantas menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk menyerah. Anda harus tetap berjuang untuk memajukan bisnis tersebut. Karena pada dasarnya, untung dan rugi memang hal yang wajar dalam dunia bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *