5 Strategi Jitu Agar Bisnis Bertahan di Masa Pandemi

Pelaku usaha merupakan salah satu sektor yang sangat terdampak dengan adanya pandemi virus Corona, sehingga para pelaku usaha harus memutar otak dan menentukan strategi untuk dapat terus mempertahankan bisnisnya meskipun di tengah pandemi.

Kunci utama untuk mempertahankan bisnis di era ini yaitu dengan memanfaatkan perkembangan teknologi seperti berjualan secara online dan melakukan digital marketing. Tidak hanya itu, dengan anda teliti dalam melihat berbagai kesempatan di tengah pandemi juga merupakan kunci utama strategi bisnis masa pandemi. Berikut ini penjelasan strategi jitu lainnya yang dapat anda gunakan agar bisnis tetap bertahan ditengah pandemi.

Selalu Berinovasi

Inovasi menjadi hal yang tidak boleh dilupakan dalam menjalankan suatu bisnis. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, anda sebagai pelaku usaha harus memiliki suatu hal yang baru yang dapat menjadi daya tarik konsumen seperti membuat desain kemasan produk yang menarik ataupun melakukan giveaway dengan konsepan unik.

Baca Juga:  Strategi Meningkatkan Transaksi Bisnis

Tanggap Terhadap Kebutuhan Pasar

Pandemi corona mengakibatkan munculnya berbagai macam kebutuhan baru yang harus dipenuhi oleh masyarakat seperti masker, sarung tangan, bahkan APD. Dengan anda tanggap terhadap kebutuhan pasar tersebut, maka anda akan menjadikannya menjadi sebuah kesempatan untuk penjualan produk, sehingga konsumen akan semakin loyal terhadap bisnis anda.

Maksimalisasi Pemanfaatan Layanan Online

Di saat pandemi lebih banyak orang berdiam diri di rumah dan melakukan berbagai pekerjaan secara online. Pelaku usaha dapat memaksimalkan berbagai jenis layanan oleh bisnis baik berupa aplikasi seperti e-commerce maupun platform lain seperti website yang mudah diakses oleh konsumen.  E-commerce menawarkan berbagai kemudahan untuk pelaku usaha, salah satunya dengan sistem transaksi yang mudah dengan Payment Gateway Indonesia. Payment gateway akan membantu pelaku usaha untuk  memastikan proses transaksi berjalan baik bahkan memberikan berbagai keuntungan bagi para konsumennya.

Menggunakan Strategi Digital Marketing

Selain membuat toko secara online, dalam proses pemasaran produk juga harus dilakukan secara online dengan menggunakan konten berupa gambar, video atau caption yang menarik. Anda dapat melakukan hal tersebut melalui sosial media seperti instagram, facebook, bahkan tiktok.

Berkolaborasi dengan Influencer

Cara ini jarang digunakan oleh pelaku bisnis pemula atau pelaku bisnis dalam skala kecil. Tetapi satu strategi jitu agar brand yang anda miliki dapat dikenal secara luas yaitu dengan menggunakan bantuan Influencer.

Demikianlah beberapa strategi bisnis masa pandemi yang dapat anda terapkan di dalam bisnis anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *