4 Langkah Persiapan Agar Tubuh Kita Bisa Tetap Fit Saat Berolahraga

Berikut persiapannya agar tubuh kita bisa tetap fit saat berolahraga.

1. Tidur malam cukup

Pertanyaan yang muncul dibenak kita pasti mengapa harus tidur malam yang cukup? Dan mengapa tidur malam bukan tidur siang? Karena tidur malam adalah waktu beristirahat yang sangat tepat. Pada saat malam hari semua organ dalam tubuh kita beristirahat terkecuali sistem pernafasan.

Pada saat malam hari selain tubuh menjadi rileks, sel – sel pada tubuh yang rusak juga memiliki kesempatan untuk memperbaiki diri. Sehingga saat pagi hari tubuh kita sudah siap untuk melakukan berbagai macam aktifitas termasuk olahraga. Selain itu tidur malam hari juga merupakan hal wajar yang sudah direkam oleh tubuh kita, sehingga jika kita tidak tidur malam maka biasanya tubuh akan terasa seperti demam dan lemas.

2. Sarapan pagi

Sarapan pagi merupakan salah satu hal baik yang harus kita lakukan sebelum berolahraga atau beraktifitas pada pagi hari. Namun perlu diingat setelah sarapan jangan langsung melakukan aktifitas atau berolahraga berat karena lambung kita belum mencerna makan dengan sempurna.

Sehingga terkadang malah perut akan sakit atau sering kita dengar “sudukan” dalam bahasa jawa. Setelah selesai sarapan, alangkah baiknya menunggu minimal 30 menit sebelum memulai aktifitas.

3. Minum air yang cukup

Air merupakan hal terpenting dalam tubuh kita. Kita tahu bahwa dalam tubuh khususnya orang dewasa mengandung air berkisar antara 50-60%. Jika tubuh kita kekurangan cairan maka tubuh akan seperti demam dan jika kita biarkan maka akan berdampak buruk bagi kesehatan khususnya pada organ ginjal. Karena itu sangat penting untuk minum air yang cukup terutama air putih saat melakukan olahraga.

4. Pemanasan sebelum berolahraga

Pemanasan sebelum berolahraga merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilupakan. Para atlet profesional pun selalu melakukan pemanasan sebelum melakukan aktifitas. Apalagi kita yang bukan atlet akan sangat penting pemanasan untuk tubuh kita sebelum berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *