Kelengkapan Studio Foto yang Harus Segera Dipersiapkan

Beberapa benda yang harus ada sebagai syarat utama dalam membuka sebuah studio foto antara lain :

1. Kamera

Item yang satu ini tentunya menjadi bagian yang terpenting dari paket studio foto. Sebab, kamera menjadi bekal utama dalam memotret atau merekam video. Sebagai tahap awal usaha, pilihlah sebuah kamera bekas dalam kondisi yang masih sangat bagus dalam rentah biaya maksimal lima juta rupiah.

Canon EOS 1200D dan Nikon D3200 merupakan contoh kamera DSLR dengan harga bekas kurang dari lima juta rupiah. Umurnya mungkin sudah cukup lama, namun bila mendapatkan dari pemilik yang tepat, Anda akan tetap mampu menikmati kualitas kamera yang hebat dari kedua produk tersebut.

Sedikit berbeda apabila Anda memilih menggunakan kamera jenis mirrorless profesional guna menunjang bisnis ini. Secara umum, kamera mirrorless memang lebih praktis bila dibawa bepergian. Harganya yang lebih murah dibandingkan DSLR memungkinkan Anda untuk membeli unit kamera baru. Contohnya Xiaoyi M1, Sony A5000, dan Nikon 1 J5.

2. Lensa Kamera

Memiliki unit kamera, tentu harus memiliki lensa untuk mendukung performa dari kamera yang dimiliki. Terutama, lensa kamera turut berpengaruh cukup besar dalam hasil akhir dari bidikan semua kamera. Dengan menggunakan lensa yang sesuai, gambar yang dihasilkan pun akan sangat cantik dan tidak kalah dengan hasil jepretan fotografer profesional.

Lensa fix yang sudah menjadi satu paket dalam pembelian kamera biasanya sudah lebih dari cukup untuk mengakomodasi keperluan pengambilan gambar. Namun sebagai tambahan, Anda dapat membeli lenza kit yang merupakan elemen penting bila Anda hendak memotret obyek dalam jumlah besar atau berkelompok, seperti sebuah keluarga.

3. Lampu Studio

Tidak dapat dipungkiri bahwa lampu studio foto berperan cukup signifikan dalam menentukan hasil akhir jepretan. Hal itu dikarenakan kamera membutuhkan cahaya yang memadai supaya foto yang dihasilkan dapat terlihat terang dan tajam. Mudah mendapatkan pencahayaan alami bila sedang melakukan pemotretan luar ruangan.

Namun, bila sedang berfoto dalam ruangan, Anda harus mengatur lighting studio foto sedemikian rupa agar memberikan penerangan yang memadai untuk kamera. Anda bisa membeli lampu produksi Tiongkok yang memang sudah tersohor memiliki produk-produk dengan harga terjangkau. Anda bisa mendapatkan lampu beserta aksesori pendukungnya senilai kurang dari lima ratus ribu rupiah.

4. Background Foto

Setelah permasalahan harga lampu studio foto teratasi, selanjutnya adalah mencari background yang akan digunakan ketika mengambil foto di dalam studio. Kain tebal dengan motif polos paling tepat dipakai menjadi background, terutama saat melakukan sesi pemotretan untuk dokumen kependudukan atau semacamnya yang tidak menghendaki hasil foto terlalu ramai.

Dengan uang kurang dari dua ratus ribu saja, Anda pasti sudah mendapatkan bahan background yang sesuai latar simple namun elegan dalam pengambilan foto dalam ruangan nantinya.

5. Komputer Grafis Sederhana

Fotografi dengan editing grafis merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Setelah memotret, fotografer umumnya melakukan edit foto guna lebih meningkatkan lagi. Kalau sudah memiliki komputer dengan spesifikasi mumpuni, tidak perlu lagi memikirkan dana yang perlu digelontorkan untuk membeli komputer grafis.

Namun, tidak ada salahnya pula bila tetap ingin membeli komputer. Spesifikasi komputernya pun tidak boleh asal. Sebagaimana yang diketahui secara luas, editing foto dan video merupakan pekerjaan yang cukup rumit dan berat, terutama untuk si komputer sendiri.

Secara desain memang tidak tampak berbeda, namun komputer grafis dibenamkan berbagai software penunjang pekerjaannya, Ketika membeli, Anda harus mengatakan kepada penjual bahwa Anda memerlukan PC untuk desain agar diberikan yang sesuai. Rata-rata komputer untuk desain dibanderol dengan harga termurah empat juta rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *